Rumah Terasa Panas ? Ini Solusinya

Diposting pada

Rumah Terasa Panas ? Ini Solusinya

Selain membuat tak nyaman, rumah yang panas ternyata membahayakan penghuni rumah. Jangan diamkan, usir secepat mungkin.Rumah dengan kondisi ruang panas sepertinya menjadi masalah banyak orang belakangan ini. Panggunaan alat pendingin pun menjadi solusi cepat dan singkat yang dipilih banyak orang. Hanya saja, penggunaan alat pendingin ruang yang berlebihan nyatanya bukan menjadi solusi yang baik. Konsumsi listrik yang tinggi membuat biaya tagihan jadi membengkak. Di sisi lain, alat pendingin pun jadi gampang rusak karena ruang yang panas membuat kerja mesin menjadi semakin berat. INI PENYEBAB UTAMANYA! Naning S. Adiwoso, Penggagas dan Ketua Green Building Council Indonesia (GBCI) mengatakan ada banyak faktor yang membuat sebuah bangunan jadi terasa panas.

“Selain karena faktor lingkungan sekitar yang tidak terjaga, seperti tak ada pohon atau tanaman, faktor desain rumah atau bangunan yang tak dirancang ramah lingkungan dan hemat energi pun bisa menjadi penyebabnya,” ucap Naning. Alasannya bisa disebabkan karena salah mendesain, minim bukaan, tak ada sirkulasi udara, salah pilih material, atau tata letak tidak benar. Selain hal di atas, Budianto, kontraktor perumahan PT Putra Bangun Mandiri mengungkapkan alasan kenapa rumah sekarang cenderung lebih panas dibanding dahulu. “Dahulu, jarak antarrumah berjauhan, sekarang semua rumah menempel. Sirkulasi udara di rumah jaman dahulu pun ada dimana-mana. Tak hanya di atas pintu atau jendela, tetapi sirkulasi udara juga terdapat di gunungan atau sopi-sopi pada atap dan di bawah jendela. Ini yang membuat rumah dahulu sejuk.

 

Sementara, rumah jaman sekarang semua tertutup rapat,” ucap Budi. ADA BANYAK RISIKO DAN BAHAYA Dr. Christian Dwi Purwanto Sp. JP yang memiliki Klinik pribadi bernama “Klinik Jantung Sehat” menjelaskan bahwa tinggal di ruang yang nyaman dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Ini dikarenakan rumah memiliki fungsi sebagai tempat rileksasi dan membuat nyaman penghuninya setelah seharian beraktivitas. “Perlu diingat, hawa panas di rumah akan membuat seseorang sulit untuk beraktivitas nyaman di dalam rumah. Bahkan, dalam kondisi tidur pun, rumah yang panas akan membuat seseorang gelisah. Kualitas tidur inilah yang akan membuat seseorang mudah terkena penyakit,” ucap Christian. Selain itu, kondisi rumah yang panas akan membuat Anda terus berkeringat. Tentunya, ini dapat membuat kondisi fi sik Anda semakin mudah lelah.

 

YUK, SEGERA BENAHI! Jika rumah Anda memang terasa panas, segera cari solusi dan jangan didiamkan. Semakin cepat ditangani, semakin baik juga untuk kelangsungan Anda tinggal di dalam rumah. Budianto mengungkapkan ada banyak cara untuk menanggulangi rumah panas. “Cara sederhananya cat keseluruhan rumah dengan cat khusus pelindung panas atau menanam pohon. Kalau enggak bisa ditangani, terpaksa harus renovasi,” ucap Budianto. Untuk renovasi ini, Budianto menyarankan agar merenovasi yang ringan dulu seperti membongkar, seperti membongkar dinding atau gunungan atap untuk memperlancar sirkulasi di dalam rumah, mengganti material atap, atau menambah lapisan pelindung seperti aluminium foil. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengubah keseluruhan desain seperti ubah layout, tambahkan innercourt, atau bongkar atap. Akan makin lengkap bila rumah anda di lengkapi dengan Air Conditioner dan genset. Dengan AC rumah anda akan semakin sejuk, nah genset sendiri juga di butuhkan sebagai pelengkap dan backup listrik cadangan. Jadi bila sewaktu waktu terjadi pemadalam listrik, rumah anda masih terasa sejuk dan aktivitas tidak terganggu. Rekomendasi kami gunakan genset perkins, harga genset perkins pun cukup terjangkau loh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *